Breaking News

Sabtu, 31 Januari 2015

10 Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka Dengan Cepat

 Memiliki bekas luka atau bopeng merupakan salah satu hal yang cukup memalukan. Apalagi jika bekas luka itu berada di bagian tubuh yang jarang tertutup oleh pakaian. Pastilah hal tersebut akan membuat kepercayaan diri semakin menurun. Namun, Anda tidak perlu malu lagi karena di bumi ini ada banyak sekali bahan alami yang dapat anda jadikan obat untuk menghilangkan bekas luka Anda tersebut. Dan berikut INDO Campur-campur telah merangkum tentang 10 Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka Dengan Cepat.

1. Lidah Buaya
Cara pertama yang dapat anda coba yakni dengan menggunakan lidah buaya. Caranya yakni dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bekas luka. Cobalah untuk menerapkan cara ini 2-3 kali dalam sehari. Bahan alami ini dapat merangsang tumbuhnya sel kulit baru karena mengandung asam amino dan ligmin yang cukup banyak.

2. Madu
Madu juga mampu meregenerasi kulit kita, sehingga dapat mempercepat proses pemudaran bekas luka. Cara menggunakannya yakni cukup dengan mengoleskan madu kemudian diamkan selama 15-20 menit. Cara ini dapat anda terapkan kapan saja, bahkan saat malam hari ketika hendak tidur juga bisa.


3. Daun Pare 
Pare, tanaman yang terkenal dengan buahnya yang pahit ini merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah banyak dikenal manfaatnya untuk kesehatan. Dan ternyata, selain buahnya, daunnya pun dapat kita gunakan untuk menyamarkan bekas luka. Caranya, cuci sampai bersih segenggam daun Pare yang masih segar. Lalu, remas-remas sampai halus. Tambahkan sedikit air hangat, lalu peras. Kemudian, campurkan air perasan tersebut dengan 2 sendok makan tepung beras hingga teksturnya seperti lotion. Kemudian, aduk sampai merata. Balurkan pada bagian bekas luka. Biarkan sampai kering dan bilas sampai bersih.

4. Minyak Zaitun
Minyak zaitun telah sangat terkenal di masa ini karena berbagai kegunaannya, salah satunya yakni adalah menghilangkan bekas luka. Caranya pun cukup mudah yakni dengan mengoleskan minyak zaitun pada bekas luka dikulit anda. Jika ingin lebih efektif lakukan juga pemijatan agar kandungan minyak zaitun dapat meresap.

5. Mentimun
Mentimun memiliki kandungan silika yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan mencegah munculnya keriput. Untuk menghilangkan bekas luka, cuci bersih mentimun, kemudian potong mentimun menjadi kecil-kecil lalu haluskan dengan blender atau ditumbuk. Setelah halus, oleskan pada bekas luka dan biarkan sepanjang malam. Jika dilakukan dengan rutin maka bekas luka dapat berangsur-angsur menjadi samar dan hilang.

6. Mengkudu
Mengkudu mengandung senyawa scopoletin, senyawa ini sangat efektif sebagai zat anti-radang. Beberapa orang yang sudah mengetahui kandungan dari Mengkudu bahkan menggunakannya untuk menghilangkan bekas luka bakar mereka. Basahkan handuk kecil dengan jus mengkudu. Lalu, kompres bekas luka tersebut dan biarkan hingga mengering. Kemudian, bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin sehari 2-3 kali sehari sampai bekas lukanya hilang.

7. Teh Hijau
Para ahli kesehatan menyimpulkan bahwa daun teh hijau memiliki kandungan antioksidan  bernama Epigallocatechin Gallate (EGCG). Kandungan antioksidan ini memiliki kekuatan 200 kali lebih hebat dari vitamin E dan sudah terbukti dapat mengurangi aktivitas hormon penyebab jerawat, mengurangi peradangan pada kulit, mengontrol produksi minyak serta menghilangkan bekas luka yang ditimbulkan akibat jerawat. Selain dikonsumsi sebagai minuman, daun teh hijau dapat juga dijadikan toner. Caranya, basahkan kapas atau handuk kecil dengan air daun teh hijau yang sudah diseduh. Lalu, usapkan kapas atau handuk kecil tersebut pada bagian luka yang sudah dibersihkan.

8. Daun Mint
Tanaman yang terkenal dengan nama Mentha Piperita ini adalah sebuah tanaman herbal yang banyak digunakan untuk berbagai produk seperti odol, obat kumur maupun minyak angin. Selain itu, daun mint juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Daun mint juga sering digunakan untuk membantu jerawat, luka bakar, dan bahkan juga ampuh untuk menghilangkan bekas luka. Caranya, ambillah beberapa lembar daun mint. Cuci bersih dan haluskan hingga membentuk scrub. Selanjutnya oleskan ke area luka Anda.

9. Jeruk nipis
Mengandung vitamin C lebih banyak di bandingkan dengan jeruk lainnya sehingga dapat menghilangkan bekas luka secara efektif. Anda dapat menggosokan irisan jeruk nipis pada bekas luka kemudian bilas menggunakan air hangat. Terkadang cara ini memberikan rasa pedih, meskipun demikian apabila dilakukan secara rutin maka dapat menghilangkan bekas luka.


10.  Bawang Putih
 Bawang putih yang mengandung anti proliferasi yang dapat menghambat perjadinya pemekaran jaringan. Dengan mengoleskan bawang putih di bekas luka anda maka akan mencegah terjadinya keloid atau jaringan patut. Bawang putih juga sangat efektif untuk menghilangkan bekas luka.

Artikel Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Blogger Templates