Breaking News

Minggu, 21 Desember 2014

10 Fakta Unik Tentang Indonesia

Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah ruah di setiap pulaunya. Namum belakangan ini, Indonesia malah di kenal dengan hal-hal buruknya dan sangat sedikit sekali ada orang yang memandang hal-hal baiknya. Untuk itu ada baiknya kalau kalian menambah wawasan kalian tentang 10 fakta unik di Indonesia yang belum kalian ketahui.

1.  Jargon Moto GP Honda & Yamaha

Produsen Honda menggunakan jargon ”One Heart” (Honda Indonesia) yang terpasang di motor balapnya, Yamaha juga membubuhi jargon ”Semakin di Depan” di baju balapnya. Walaupun motor Jepang, tapi semua produksinya dilakukan di Indonesia.

2.  Kerjasama Sepatu Adidas  Di Indonesia


Sepatu Adidas bekerja sama dengan salah satu perusahaan sepatu Indonesia dan merupakan satu-satunya perusahaan sepatu yang dipercaya oleh Adidas untuk memproduksi Football Shoes di seluruh dunia.

3.  Soekarno Mendirikan Cofeno

Indonesia merupakan satu-satunya negara yang pernah keluar dari PBB. Bergabung pertama kali tahun 1950 sebagai anggota ke-60 PBB, kemudian Indonesia menarik keanggotaannya pada tahun 1965. Soekarno, presiden Indonesia saat itu sangat berang dengan keputusan PBB mengakui kedaulatan Malaysia dan menjadikan Malaysia anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Lalu kemudian Soekarno mendirikan Conefo (Konferensi Negara-Negara Kekuatan Baru) sebagai tandingan PBB. Sebelum keluar dari PBB, Soekarno sempat menyampaikan pidato dengan berapi-api di Sidang Umum PBB yang isinya meminta agar badan dunia tersebut dipindahkan markas besarnya ke luar Amerika Serikat. Bukan hanya pidatonya saja yang berhasil mendapat berkali-kali tepukan tangan, namun Soekarno juga sukses menyelenggarakan Ganefo (tandingan Olimpiade versi Conefo) yang diikuti 2.250 atlet dari 48 negara di Asia, Afrika, Eropa dan Amerika Selatan, serta diliput sekitar 500 wartawan asing. Saat-saat itulah terakhir kali Indonesia memiliki pemimpin superpower dan menjadi salah satu negara yang paling disegani di seluruh dunia.

4.  Polygon Adalah Produsen Sepeda Terlaris

Bagi penggemar olahraga sepeda tentu tak asing dengan merek yang satu ini. Adalah PT Insera Sena produsen sepeda Polygon yang berdiri sejak 1989 di Sidoarjo, Jawa Timur merupakan pembuat dan perakit sepeda untuk pasar luar negeri. Pada tahun 1991, Insera mulai memproduksi sepeda bermerek Polygon dan sepuluh tahun kemudian mengekspor produknya tersebut ke Singapura, Malaysia. Lalu dua tahun terakhir, mulai menjelajah ke Australia. Dari seluruh unit sepeda yang di produksi, 30% menggunakan merek Polygon. 20%-nya untuk pasar lokal, sedangkan 10% nya untuk ekspor ke luar negeri, terutama untuk sepeda jenis Mountain Bike Cosmic dan Colossus.

5.  Pantai Pelekung Adalah Pantai Dengan Ombak Terpanjang Dan Terbesar

Jika selama ini kita mengenal pantai Sanur, Kuta dan Nias sebagai surganya para peselancar, namun selain pantai-pantai yang di sebut tadi ada sebuah pantai di Jawa Timur tepatnya di Taman Nasional Purwo (Banyuwangi) yang tidak kalah terkenalnya di mata peselancar dunia.

Pantai Pelekung disebut-sebut memiliki ombak setinggi 4-6 meter dan sepanjang 2 kilometer maka wajar saja apabila pantai pelekung dinyatakan sebagai salah satu pantai dengan ombak terbaik dunia.

6.  Rendang Adalah Makanan Terenak Di Dunia

Pada bulan juli 2014 lalu, Rendang masuk ke dalam urutan ke-11 dari 50 makanan terenak di dunia yang di publikasika oleh stasiun berita CNN. Polling tersebut di ambil melalui situs jejaring sosial Facebook. Rendang merupakan satu-satunya masakan khas Indonesia yang masuk kedalam daftar tersebut, mengalahkan kelezatan Kebab dari Turki, Lasagna Dari Italy, Dim Sum dari Hongkong, Peking Duck dari China.

Selanjutnya, pada polling di Facebook yang dirilis oleh CNNGo.com pada awal september lalu, Rendang dan Nasi goreng sebagai makanan terlezat di dunia, nomer 1 dan 2,  menggeser posisi Massaman curry dari Thailand dan Neapolitan pizza dari Italia, sedangkan itu sate berada pada posisi ke-14.

7.  Goa Petruk Adalah Goa Terdalam 

Goa Petruk di Kebumen, Jawa Tengah merupakan salah satu goa terpanjang di dunia dengan kedalaman jelajah hingga 2000 Meter atau 2 KM. Di dalam Goa Petruk terdapat banyak panorama alam yang indah, yaiktu batu Stalaktit dan Stalakmit yang menyerupai berbagai bentuk.

Goa Petruk ini terbagi menjadi 3 bagian. Bagian yang pertama hanya di huni oleh kelelawar-kelelawar yang berterbangan, sementara bagian kedua yang di beri nama Goa Semar terdapat pemandangan bebatuan yang indah dan mempesona, dan yang terakhir adalah Goa Petruk, karna di dalam goa ini terdapat batu yang wujudnya menyerupai hidung petruk. Namun, akibat ulah Belanda yang kalaitu melakukan penambangan, maka bentuk hidung petruk itu menjadi putus.

8.  Letusan Gunung Terdahsyat

Letusan Gunung Tambora yang berada di pulau Sumbawa tepatnya pada bulan April 1815 silam merupakan salah satu fakta unik yang dimiliki Indonesia berikutnya. Bagaimana tidak, Letusan Gunung Tambora yang berada di pulau Sumbawa dapat terdengar jelas hingga Pulau Sumatra yang berjarak sekitar 2000 KM dan abu vulkaniknya jatuh hingga Pulau Kalimantan, Sulewesi, Jawa dan Maluku serta menyebabkan kematian tidak kurang 71.000 jiwa.

Letusan Gunung Tambora ini pun juga menyebabkan perubahan iklim Dunia. Akibat perubahan Iklim yang derastis tersebut banyak panen yang gagal dan kematian ternak di Bumi bagian Utara. Dan Menyebabkan kelaparan terburuk pada abad ke-19.

9.  Papua Adalah Hutan Tropis Terluas

Sebagian hutan hujan atau hutan tropis yang banyak menerima hujan, biasanya memiliki banyak flora dan fauna yang beranekaragam dan mengagumkan. Para ilmuwan menyebutkan bahwa lebih dari separuh spesies flora dan fauna yang ada tinggal di hutan hujan ini.

Hutan hujan hanya meliputi wilayah hanya sekitar 2% dari wilayah tanah bumi, tetapi hutan hujan masih menyediakan 40% oksigen. Di Indonesia, hutan tropis terluas adalah hutan tropis di provinsi Papua dengan luas mencapai 28.816 KM persegi.

10. Spesies Ikan Hiu Terbanyak 

Fakta unik terakhir yang di miliki Indonesia adalah Indonesia memiliki spesies ikan Hiu terbanyak di Dunia yaitu mencapai 150 jenis. Sebagai negara maritim, Indonesia telah memperoleh pengakuan dari dunia Internasional yakni memiliki luas laut 75% dari luas daratan. Maka tidak heran jika Indonesia memiliki 150 jenis Hiu di perairannya. Dengan banyaknya jumlah jenis ikan Hiu inilah, Indonesia layak mendapatkan predikat negara yang memiliki spesies ikan Hiu terbanyak di Dunia.

Artikel Lainnya:
Lazada Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Blogger Templates